ANAS, ALFITRI (2022) HUBUNGAN PENGETAHUAN GIZI, MOTIVASI DIRI DAN DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP KEPATUHAN DIET PASIEN DIABETES MELLITUS TIPE II DI POLI RAWAT JALAN RS X JAKARTA UTARA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS BINAWAN.
Text
GIZI-2022-ALFITRI ANAS.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Diabetes Mellitus (DM) adalah penyakit metabolik yang terjadi secara kronis. Penyakit DM ditengah masyarakat dikenal dengan sebutan penyakit kencing manis.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan gizi, motivasi diri dan dukungan keluarga terhadap kepatuhan diet pasien DM tipe II di poli rawat jalan Rumah Sakit X Jakarta Utara. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional dengan metode sampel Purposive Sampling yang berjumlah 96 orang. Data primer didapatkan dengan cara wawancara langsung ke pasien untuk pengetahuan gizi, motivasi diri dan dukungan keluarga menggunakan kuesioner, sedangkan kepatuhan diet menggunakan formulir jadwal makan dan format semi kuantitatif FFQ. Data sekunder didapatkan dari rekam medik RS X Jakarta Utara. Data dianalisis dengan uji chi square dengan tingkat kepercayaan 95%. Hasil penelitian menunjukkan pasien yang mengalami kepatuhan diet yang patuh sebanyak 58.3%, pasien yang memiliki pengetahuan baik sebanyak 62.5%, pasien yang memiliki motivasi diri yang baik sebanyak 56.3%, pasien yang memiliki dukungan keluarga positif sebanyak 55.2%. Terdapat hubungan yang bermakna antar pengetahuan dan kepatuhan diet. Tidak terdapat hubungan yang bermakna antara motivasi diri dan dukungan keluarga terhadap kepatuhan diet pasien DM Tipe II.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | diabetes mellitus, dukungan keluarga, kepatuhan diet, motivasi diri, pengetahuan gizi |
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Depositing User: | Cambari |
Date Deposited: | 06 Jan 2023 04:41 |
Last Modified: | 12 Jan 2023 03:44 |
URI: | http://repository.binawan.ac.id/id/eprint/2329 |
Actions (login required)
View Item |