Irawan, Ria (2022) KARYA TULIS ILMIAH EFFEKTIVITAS PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN MEDIA VIDEO TENTANG SADARI (PEMERIKSAAN PAYUDARA SENDIRI) TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN REMAJA DI SMAN 14 JAKARTA. Bachelor thesis, Universitas Binawan.
Text
KEBIDANAN-2022-RIA IRAWAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini berfocus pada pengetahuan SADARI, tentang efektifitas media Video dalam pembelajaran di SMAN 14 Jakarta, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pendidikan kesehatan kepada remaja Usia 15-20 thn dengan media video terhadap Pengetahuan SADARI. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode Quasi-Eksperimen, Desain quasi-eksperimen yang digunakan adalah “One -Group Pretest-Posttest Design”, yang terdiri dari satu kelompok subjek, Populasi dalam penelitian adalah remaja Usia 15-20 thn di SMAN 14 Jakarta Periode 2020/2021. Sampel penelitian dipilih menggunakan teknik Random Cluster sampel. Dalam penelitian ini analisa bivariat dilakukan untuk mengetahui Efektivitas Media Video dalam pengetahuan tentang SADARI, dilakukan menggunakan Wilcoxon Sign Test. Jika p<0,05 maka terdapat pengaruh yang bermakna pada tingkat evektifitas media video saat dilakukan pretest dan posttest. Hasil penelitian Menunjukan bahwa intervensi edukasi Kesehatan tentang SADARI yang diberikan melalui media Video kepada Siswi SMAN 14 Jakarta dapat meningkatkan pengetahuan para siswi sebesar 5 yaitu dari 3 (sebelum intervensi) naik menjadi 8 (setelah intervensi) This study focuses on BSE knowledge, about the effectiveness of video media in learning at SMAN 14 Jakarta. This study aims to determine the effectiveness of health education for adolescents aged 15-20 years with video media on BSE knowledge. The method used in this study is the Quasi-Experimental method, the quasi-experimental design used is "One-Group Pretest-Posttest Design", which consists of one group of subjects, The population in this study is adolescents aged 15-20 years at SMAN 14 Jakarta Period 2020/2021. The research sample was selected using the Random Cluster sampling technique. In this study, bivariate analysis was carried out to determine the effectiveness of video media in knowledge about BSE, carried out using the Wilcoxon Sign Test. If p<0.05, there is a significant effect on the level of effectiveness of video media during the pretest and posttest. The results show that the Health education intervention about BSE given through video media to SMAN 14 Jakarta students can increase students' knowledge by 5, namely from 3 (before intervention) increased to 8 (after intervention)
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Depositing User: | Cambari |
Date Deposited: | 24 Oct 2022 03:54 |
Last Modified: | 27 Oct 2022 06:32 |
URI: | http://repository.binawan.ac.id/id/eprint/2178 |
Actions (login required)
View Item |