KARYA TULIS ILMIAH HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN PERILAKU IBU TENTANG TEKNIK MENYUSUI PADA BAYI USIA 0-6 BULAN

Fatharani, Windi (2022) KARYA TULIS ILMIAH HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN PERILAKU IBU TENTANG TEKNIK MENYUSUI PADA BAYI USIA 0-6 BULAN. Bachelor thesis, Universitas Binawan.

[img] Text
KEBIDANAN-2022-WINDI FATHARANI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Nama : Windi Fatharani Program Studi : Kebidanan Judul : ““HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN PERILAKU IBU TENTANG TEKNIK MENYUSUI PADA BAYI USIA 0-6 BULAN” Pembimbing : Legina Anggraeni, SST, MKM Menyusui adalah cara alami untuk memberikan asupan gizi, imunitas dan memelihara emosional secara optimal bagi pertumbuhan dan perkembangan bayi. Tidak ada susu buatan (Susu Formula) yang dapat menyamai ASI baik dalam hal kandungan nutrisi, faktor pertumbuhan, hormon dan terutama imunitas karena imunitas bayi hanya bisa didapatkan dari ASI. Teknik menyusui merupakan keterampilan seorang ibu meliputi posisi, perlekatan dan hisapan dalam memberikan ASI kepada bayinya. Keterampilan ini berkaitan dengan efektifitas pemenuhan kebutuhan nutrisi pada bayi. Penelitian ini dilakukan di Klinik Bidan. Variabel dalam penelitian ini yaitu tingkat pengetahuan, dan perilaku. Peneliti mengumpulkan data dengan pengisian kuesoner dengan menggunakan Google Form. Sampel yang digunakan sebanyakan 50 responden ibu menyusui bayi usia 0-6 bulan dan ibu bersalin di Klinik Bidan. Tingkat pengetahuan baik sebanyakan 49 responden (98%) dan kurang sebanyakan 1 responden (2%). Dalam penelitian ini ditemukan variabel yang berhubungan yaitu hubungan tingkat pengetahuan dengan teknik menyusui denga p value 0,001. Dalam penelitian ini ditemukan variabel yang tidak berhubungan yaitu hubungan tingkat perilaku dengan teknik menyusui dengan p value 0,162. Kesimpulan didapatkan hasil adanya hubungan yang bermakna antara pengetahuan dengan teknik menyusui.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Depositing User: Cambari
Date Deposited: 24 Oct 2022 03:19
Last Modified: 27 Oct 2022 07:08
URI: http://repository.binawan.ac.id/id/eprint/2173

Actions (login required)

View Item View Item