ROLAG, AL MATUM (2022) HUBUNGAN POLA KONSUMSI GULA, GARAM, LEMAK DENGAN STATUS GIZI SISWA SISWI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AN-NAJAH DI KOTA DEPOK. Bachelor thesis, UNIVERSITAS BINAWAN.
Text
GIZI-2022-AL MATUM ROLAG.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pendahuluan: Perilaku konsumsi gula, garam, dan lemak di Indonesia untuk usia > 10 tahun mencapai sebesar 53,1 %, untuk makanan asin sebesar 26,2% dan untuk makanan berlemak 40,7%. Berdasarkan hasil riset Kesehatan dasar status anak usia 5-12 tahun dengan berdasarkan indeks massa tubuh usia di Indonesia dalam prevalensi gemuk sebesar 20,6%. Tujuan: Menganalisis pola konsumsi gula, garam, lemak dengan status gizi siswa siswi sekolah dasar di Sekolah Dasar Islam Terpadu An-Najah Kota Depok. Metode: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan desain cross sectional. Sebanyak 66 orang sampel yang memenuhi kriteria inklusi yaitu seluruh anak Sekolah Dasar Islam Terpadu An-Najah kelas 4,5, dan 6 yang hadir dalam proses penelitian, bersedia untuk menjadi responden, tidak menderita sakit fisik dan tidak berstatus gizi kurang. Instrument penelitian menggunakan Form Semi Quantitatif Food Frequency Questionnaire. Kemudian dianalisis menggunakan software komputer data dianalisis menggunakan Uji Chi-Square. Hasil: Menurut analisis yang dilakukan tidak terdapat hasil yang berhubungan antara konsumsi gula (p = 0,201), garam (p = 0,276), lemak (p = 0,220) dengan status gizi siswa siswi Sekolah Dasar Islam Terpadu An-Najah. Kesimpulan: Berdasarkan hasil yang didapatkan tidak terdapat hubungan yang signifikan antara pola konsumsi gula, garam, lemak dengan status gizi siswa siswi Sekolah Dasar Islam Terpadu An-Najah. Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut tentang faktor-faktor yang mempengaruhi status gizi dengan konsumsi gula, garam, lemak.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RJ Pediatrics |
Depositing User: | Cambari |
Date Deposited: | 21 Oct 2022 07:26 |
Last Modified: | 21 Oct 2022 07:26 |
URI: | http://repository.binawan.ac.id/id/eprint/2158 |
Actions (login required)
View Item |