PEMBERIAN EDUKASI DENGAN APLIKASI GAME ULAR TANGGA GIZI TERHADAP PENGETAHUAN DAN ASUPAN GIZI REMAJA DI SMA NEGERI 12 KOTA BEKASI

JAUNITA, ELIZABETH (2022) PEMBERIAN EDUKASI DENGAN APLIKASI GAME ULAR TANGGA GIZI TERHADAP PENGETAHUAN DAN ASUPAN GIZI REMAJA DI SMA NEGERI 12 KOTA BEKASI. Bachelor thesis, UNIVERSITAS BINAWAN.

[img] Text
GIZI-2022-ELIZABETH JUANITA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Indonesia saat ini masih dihadapkan dengan Triple Burden of Malnutrition. Masalah gizi dapat dicegah dengan edukasi gizi yang dapat mempengaruhi tindakan remaja untuk menyeimbangkan asupan gizinya. Penelitian ini menggunakan media game ular tangga gizi sebagai alat edukasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan edukasi dengan media aplikasi game ular tangga gizi dan video gizi seimbang terhadap pengetahuan dan asupan gizi remaja di SMA Negeri 12 Kota Bekasi. Jenis penelitian ini quasi-experimental dengan desain pretest-posttest control group. Responden berjumlah 72 siswa-siswi. Responden dibagi menjadi 2 kelompok, kelompok game ular tangga gizi sebagai kelompok intervensi dan kelompok video gizi seimbang sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data pengetahuan pretest pada minggu ke-1 dan posttest pada minggu ke-2. Pemberian intervensi dilakukan sebanyak satu kali dengan materi gizi seimbang pada remaja. Data awal asupan responden didapatkan melalui pengisian Food Recall 2 x 24 Hours sebelum intervensi sedangkan data asupan akhir diukur seminggu setelah intervensi. Analisis data pada dua kelompok menggunakan uji Mann-Whitney, sedangkan dalam satu kelompok menggunakan uji Paired T-Test dan Wilcoxon. Hasil analisis statistik menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan pada pengetahuan (0,000) sebelum dan sesudah intervensi pada kelompok game ular tangga gizi. Tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada asupan energi (0,162), asupan lemak (0,144), konsumsi gula (0,066), dan konsumsi garam (0,944) sebelum dan sesudah intervensi game ular tangga gizi. Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara pengetahuan (0,312), asupan energi (0,115), asupan lemak (0,405), konsumsi gula (0,791), dan konsumsi garam (0,258) pada kelompok game ular tangga gizi dan video gizi seimbang.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics
Depositing User: Cambari
Date Deposited: 21 Oct 2022 07:16
Last Modified: 21 Oct 2022 07:16
URI: http://repository.binawan.ac.id/id/eprint/2157

Actions (login required)

View Item View Item