KARYA TULIS ILMIAH HUBUNGAN KEBIASAAN SARAPAN DENGAN KONSENTRASI BELAJAR MAHASISWA KEBIDANAN ANGKATAN 2018-2019 DI UNIVERSITAS BINAWAN

Alhallaj, Paura Chisty (2022) KARYA TULIS ILMIAH HUBUNGAN KEBIASAAN SARAPAN DENGAN KONSENTRASI BELAJAR MAHASISWA KEBIDANAN ANGKATAN 2018-2019 DI UNIVERSITAS BINAWAN. Bachelor thesis, Universitas Binawan.

[img] Text
KEBIDANAN-2022-PAURA CHISTY ALHALLAJ.pdf

Download (809kB)

Abstract

Kekurangan energi dan protein pada anak sekolah dapat menyebabkan anak menjadi lemah daya tahan tubuhnya dan konsentrasi belajar menjadi menurun. Kondisi tersebut berkaitan dengan penggunaan glukosa sebagai sumber energi. Karena begitu pentingnya konsentrasi bagi siswa, tujuan penelitian ini yaitu hubungan kebiasaan sarapan dengan konsentrasi belajar mahasiswa kebidanan angkatan 2018-2019 di universitas binawan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa kebidanan angkatan 2018-2019 sebanyak 50 respondent yang melakukan sarapan pagi maupun tidak sarapan Instrumen penelitian berupa kuesioner, Pertanyaan meliputi 8 pertanyaan positif dan 8 pertanyaan negative.Hasil penelitian menunjukkan bahwa usia respondent saat dilakukan penelitian sebagian besar (74%) 1821 tahun. Berdasarkan Angkatan Sebagian besar (66%) 2018 dan (34%) 2019 dan dengan kebiasaan sering sarapan sebanyak (54%) 27 sedangkan yang tidak pernah sarapan sebanyak (46%) 23 respondent dan dengan konsentrasi belajar yang kurang baik sebanyak 27 (54%), serta yang baik sebanyak 23 (46). Berdasarakan hasil uji statistik didapatkan nilai probabilitas (p-value) sebesar 0,00 artinya p <0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara kebiasaan sarapan mempengaruhi konsentrasi belajar mahasiswa tingkat akhir di Universitas binawan

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC1200 Sports Medicine
Depositing User: Cambari
Date Deposited: 19 Oct 2022 08:22
Last Modified: 19 Oct 2022 08:22
URI: http://repository.binawan.ac.id/id/eprint/2118

Actions (login required)

View Item View Item