HUBUNGAN TINGKAT STRESS, AKTIVITAS FISIK DAN POLA MAKAN DENGAN STATUS GIZI PADA DEWASA DI PASIR MUKTI

AULIA, KHALDA GINA (2022) HUBUNGAN TINGKAT STRESS, AKTIVITAS FISIK DAN POLA MAKAN DENGAN STATUS GIZI PADA DEWASA DI PASIR MUKTI. Bachelor thesis, UNIVERSITAS BINAWAN.

[img] Text
GIZI-2021-KHALDA GINA AULIA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Status gizi merupakan gambaran ukuran terpenuhinya kebutuhan gizi yang diperoleh dari asupan dan penggunaan zat gizi oleh tubuh. Salah satu faktor yang mempengaruhi dari status gizi yaitu aktivitas fisik, asupan makanan dan energi yang berlebihan yang tidak diimbangi pengeluaran energi yang seimbang yang akan menyebabkan terjadinya status gizi lebih atau penambahan berat badan. Pada usia Dewasa membawa dampak pada kesehatan dimana kenaikan berat badan dan gizi lebih menjadi salah satu faktor resiko untuk meningkatkan kejadian penyakit bahkan hingga menyebabkan kematian di usia muda Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat stres dan aktivitas fisik dengan status gizi orang dewasa di Desa pasir mukti. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional dengan uji Chi-Square, dengan melibatkan 77 orang responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara tingkat stress dengan status gizi didapatkan hasil p = 0.067 (p > 0,05). Terdapat hubungan antara Aktivitas Fisik dengan status gizi didapatkan hasil p = 0,001 (p< 0,05). Terdapat hubungan antara pola makan dengan status gizi didapatkan hasil p = 0,005 (p<0,05). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah tidak ada hubungan tingkat stres dengan status gizi, ada hubungan pola makan dengan status gizi Dewasa di Desa Pasir Mukti dan ada hubungan Aktivitas fisik dengan status gizi pada Orang Dewasa di Desa Pasir Mukti. Kata kunci : aktivitas fisik, pola makan, status gizi, tingkat stress

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine
Depositing User: Cambari
Date Deposited: 19 Oct 2022 04:34
Last Modified: 19 Oct 2022 04:43
URI: http://repository.binawan.ac.id/id/eprint/2109

Actions (login required)

View Item View Item